Thursday, January 26, 2006

Ke Dokter

Hari ini Ken ulang bulan... maksudnya genap sebulan :D

Karena udah sebulan, artinya Ken-chan udah boleh dibawa jalan-jalan. Kan disuruh sama sensei harus 'diumpetin' dulu dirumah sampai umur 30 hari. Dan sesuai dengan jadwal, hari ini Ken harus kerumah sakit untuk pemeriksaan usia sebulan dan saya mesti periksa post-labour. Jadi inilah trip pertama-nya Ken-chan :)

Dirumah sakit, saya ketemu ibu-ibu yang dulu satu kloter sama saya selama hamil dan jadi pasiennya Tachibana-sensei. Ternyata bayi-nya mereka semua udah lahir duluan dari si Ken. Wuuuh, dasar emang telat ni anak :D

Setelah nunggu-nunggu, akhirnya gilirannya Ken-chan dateng juga. Kita disuruh ketemu sama dokter anak yang namanya Terajima-sensei. Orangnya udah lumayan tua, 60-an lah.. tapi jenaka. Soalnya dia suka ketawa dan suka sama anak kecil. Dan kayaknya dia girang banget dapet pasien orang asing. Bosen kali dia ngadepin orang Jepang melulu. Jadinya walaupun yang ngantri diluar masih banyak banget, sensei-nya malah ngajakkin ngobrol terus. Banyakkan dia yang nanya daripada kita. Dan sensei-nya trus usaha ngomong bahasa Inggris biarpun patah-patah. Mungkin dia selama ini udah gatel pengen praktekkin ngomong Inggris, tapi gak tau sama siapa :)) Jadinya mumpung ada kita, dia manfaatin deh..

Ken-chan sendiri waktu diperiksa anteeeng banget. Padahal badannya dibolak-balik sana-sini, trus kakinya ditekuk-tekuk. Sewaktu kakinya ditekuk dan Ken gak kesakitan, menurut sensei-nya itu pertanda saluran sekresi (pembuangan)-nya udah berfungsi dengan baik. Dari hasil pemeriksaan, Ken-chan dinyatakan sehat. Trus sensei-nya nulis gede-gede "Healthy Baby" :))

Trus saya nanya tentang golongan darahnya Ken-chan, karena di boshi-techonya Ken kok gak ada catatan tentang golongan darah. Ternyata.... memang gak ada! Nah lhu...

Jadiii, kalo di Jepang, bayi baru diperiksa golongan darahnya setelah umur satu tahun. Kecuali untuk alasan-alasan tertentu yang mendesak, baru diperiksa lebih cepat. Alasannya sederhana: kasian masih kecil kalo udah ditusuk-tusuk :) Serius lho, ini kata dokternya sendiri. Tadinya saya pikir dia becanda, ternyata enggak.

Selesai Ken periksa, sekarang giliran mamahnya. Kalo saya mah cepet, soalnya pas bagian obgin lagi sepi dan saya emang udah appointment. Selama pemeriksaan, kita didampingin sama suster Ishikawa. Alhamdulillah Tachibana-sensei bilang saya baik-baik aja, gak ada yang harus ditindak-lanjuti.

Nah, setelah selesai periksa... Tachibana-sensei bilang, kalau begitu semuanya selesai sampai disini. Tidak ada lagi yang harus dilakukan. Dan pas dia bilang gitu, saya rasanya jadi sedih gitu. Go-shujin aja juga sampe rada berkaca-kaca matanya. Soalnya kita ngerasa udah dibantu sekali sama Tachibana-sensei dan suster Ishikawa. Selama hamil dan melahirkan, saya merasa diurusin dan ditolong. Beda kan kalo dokternya cuek-cuek aja... gak bakalan terharu kalo ketemu dokter kayak gitu sih..

Sebelum pulang kita foto-foto dulu sama Tachibana-sensei dan suster Ishikawa... (tapi Ken-chan bobo...)

Tachibana-sensei to nurse Ishikawa, hon tou ni arigatou gozaimasu.. osewani narimashita :)

No comments: