Wednesday, February 1, 2006

Soal Bedong....

Karena ada yang nanya kenapa Ken-chan kok gak dibedong, saya jawabnya disini aja yaaaa.....

Yah, namanya juga lain padang lain belalang. Beda tempat juga beda perlakuan. Bayi-bayi di Indonesia pada umumnya memang selalu dibedong sampe kira-kira umur 40 hari. Tapi bayi-bayi di Jepang sini mah gak ada yang dibedong, biar di musim dingin sekalipun. Sewaktu saya tanyain tentang ini ke salah satu bidan senior, jawabannya: dasar pemikiran orang di Jepang adalah sebaiknya bayi harus dibebaskan geraknya. Kalau dibedong kan gerakannya tertahan.

Nah, karena menurut saya, pemikiran seperti itu masuk akal, jadi seterusnya pun saya gak pernah pake acara bedong-bedongan. Toh kalau alasannya supaya bayi hangat, suhu di rumah kan memang selalu dijaga supaya tetap hangat. Lagian selimut di musim dingin begini kan tebel. Kalo alasannya biar bayi gak petakilan, duuuh... bayi sekecil gini bisa sebrutal apa sih? :) Perkara nanti kalo gede-nya dia petakilan, ya gak ada hubungannya sama waktu kecil dibedong apa enggak. Toh banyak juga orang yang waktu bayi dibedong tapi gedenya tetep petakilan...

Memang jadinya si Ken-chan gak punya foto bayi yang posenya 'kalem', huehehehe... semuanya ngaplah. Bisa diliat dibawah nih bedanya, antara Ken-chan sama sepupunya di Jakarta yang umurnya cuma beda sebulan sama Ken-chan. Yang sebelah kiri foto sepupu-nya Ken-chan pake bedong, sebelah kanan foto Ken-chan pake kimono. Yang satu rapet, yang satu 'ngablak'.....


No comments: