Sunday, October 29, 2006

Hail Mother's Milk!

Baru sekali-sekalinya ini saya semangat ikut kampanye. Tapi ini bukan buat Pemilu, apalagi Pilkada.
Ini saya mau mengkampanyekan pemberian ASI, ibu-ibuuu...!!!!!

Tulisan ini saya buat, karena sewaktu mudik ke Jakarta kemarin, saya nelongso mendengar cerita banyaknya ibu yang males menyusui bayi-nya. Yah, gak usah ditanya alasannya apa. Karena kalo ditanya, pasti masing-masing punya alasan sendiri.

Tapi alasan paling menyebelkan buat saya adalah waktu denger seorang temen berkata seperti ini, "Abis gue males bangun malem-malem buat nyusuin... ya namanya juga lagi tidur, males banget kaan....??? Kalo pake susu botol kan tinggal suruh babysitter anak gue aja yang bikin..."
HIIIIIIIIIIIHHHHHHHH!!!!!!! Pengen gue jambak rasanya..!!!

Memang, menyusui itu adalah pilihan bagi ibu. Tapi ibu juga harus tau, bahwa mendapatkan ASI adalah hak setiap anak. Jadi para ibu-ibu yang tidak memiliki masalah dalam hal menyusui, ya kasihlah susunya buat anaknya...

Keuntungannya, ya jelas banyak banget..!!
Untuk si bayi, dia mendapatkan nutrisi yang terbaik dari ASI. Nutrisi yang gak akan bisa tergantikan oleh susu kaleng cap apapun.
Dia juga bisa mendapatkan rasa nyaman dan aman sewaktu minum ASI, karena di pelukan ibu rasanya pasti menyenangkan.
Untuk si ibu, yang jelas bisa hemat waktu dan tenaga. Kalo tengah malam bayi nangis minta susu, kita gak usah bangun buat bikin susu sambil kriyep-kriyep. Kalo mau pergi-pergi, gak usah ribet bawa segala botol, segala termos, segala apa lah.. cukup bawa badan. Dan yang jelas, hemat uang.. karena gak usah beli-beli susu formula.
Banyak literatur yang menyebutkan tentang segudang manfaat ASI. Antara lain bisa dibaca disini:
www.breastfeeding.com

Kerugiannya? Buat saya relatif enggak ada. Daya menyusui sampai selama ini gak ngerasa ada ruginya.

Dan buat yang sebentar lagi melahirkan dan berniat menyusui bayi-nya, jangan keburu down duluan kalo ASI-nya belum keluar. Saya juga dulu gitu, sampe hari ketiga baru keluar. Baca deh disini. Pokoknya kalo kita niat, Insya Allah keluar deh.

Ada satu tips yang bagus banget, yang saya dapetin dari temen baik saya Rani (halo buuuuu :) ). Si ibu ini ngajarin saya supaya harus PD terus, pokoknya kalo susu-nya belum keluar, gak boleh mikir negatif. Gak boleh mikir 'yaaaah... kayaknya gak keluar nih..'. Tapi mikirnya harus positif terus. Dan ajaran ini juga di-sounding sama suster-suster di rumah sakit tempat saya melahirkan dulu. Saya di-encourage terus dan disuruh mikir positif. Kalo hari ini belum keluar, besok pasti keluar. Kalo hari ini keluarnya masih sedikit, pasti besok udah banyak. Trus mesti rajin-rajin diurut juga dadanya. Insya Allah dengan cara begini bisa lancar keluarnya.. :)

So now I encourage you, wonderful moms.... go breastfeeding and give your love to your babies :)