Sunday, August 17, 2008

Leaving Japan


Morning Rush!!!


Setelah puas-puasin mandangin rumah Kameria untuk terakhir kalinya (kayak di pelem), mulai deh acara ngejar kereta ke airport. Rencananya mau naik kereta express JR Yokosuka-sen tujuan Narita. Bisa sampe di airport lebih cepet, tapi kereta ini jadwalnya cuma satu jam sekali. Stasiunnya mah dekeeeet.... jalan kaki 4 menit juga nyampe. Tapi perjalanan ke stasiun pagi itu tersendat-sendat.. soalnya kita bawaannya banyak dan berat. Papa-nya Ken-chan narik dua koper sambil bawa tas, sedangkan Mama-nya narik satu koper sambil dorong stroller. Ditambah lagi rush hour orang berangkat kerja, jadi tambah susah cari jalan. Hasilnya....... ketinggalan kereta deeeeh!!!!

Ketimbang nungguin kereta satu jam berikutnya sambil kedinginan, kita lantas pilih jalur alternatif... yang berarti kita harus gonta-ganti kereta. Uuuuuuh... ribet bangettt!! Dengan bawaan segitu banyak, kita mesti naik turun kereta beberapa kali, naik turun tangga plus ganti stasiun. Mana jadwal kereta yang satu dengan yang lain mepet-mepet banget. Deuh.... sampe ngos-ngosan! Tapi gak papah... karena kahirnya kita bisa juga sampe di airport tepat pada saat check-in time.

Narita Airport



Tiket oke... passport oke... visa oke....

Alhamdulillah, proses check-in berjalan lancar banget. Bawaan kita pun ternyata masih jauh dibawah baggage limit. Pemeriksaan imigrasi juga Alhamdulillah gak ada masalah. Sempet juga ditanya sama petugasnya, kenapa di visa kita gak ada re-entry permit, padahal visa-nya masih berlaku sampai tahun depan. Kata si petugasnya, "Yakin gak bakalan masuk ke Jepang lagi?" Aduuuuh mbak'e... doain aja deh ya, biar kapan-kapan kita bisa balik lagi :)

Yang rada respot justru waktu mau masuk ke imigrasi. Pada tau kan... kalo ada peraturan baru dilarang bawa liquid. Sejak peraturan diberlakukan, pemeriksaan di Narita airport jadi jauh lebih ketat daripada sebelumnya. Papa-nya Ken-chan udah lolos metal gate, tapi Ken-chan sama Mama-nya sempet ketahan rada lama. Soalnya di tas ransel Mama-nya Ken isinya ada makanan, minuman, obat-obat dan yoghurt punya Ken-chan. Walaupun bawa makanan bayi diperbolehkan, tapi tetep aja tas Mama-nya Ken-chan sampe bolak-balik digeledah. Tapi gak papah.... kita gak protes kok. Itu kan berarti mereka emang bener-bener menjalankan tugas mengamankan... gak cuman formalitas doang..

Sambil nungguin waktu boarding, kita foto-foto dulu deh. Hehehehehe.... gak tau kenapa, Mama-nya Ken-chan suka banget sama Narita airport. Apalagi sekarang bangunan airportnya baru. Luas dan kereeeeeeeen banget.... udah kayak high-class mall. Kita puas-puasin deh foto-foto, soalnya gak tau kapan bisa balik kesini lagi.

Narita Fifth Avenue


O iyah..ngomong-ngomong apa kabarnya Ken-chan? Sejak berangkat dari rumah sampe di airport, dia tiduuuuuuuuuuur terus. Sama sekali gak ngeh kalo Papa-Mamanya gedubrakan naik turun kereta. Kayaknya dia masih ngantuk banget karena semalem ikutan begadang nemenin Papa-Mamanya final clear up.

Dari masih diatas kereta, pindah stasiun, sampe di airport.. masiiih aja molor!


Ken-chan baru bangun waktu naik trem menuju ke gate. Kalo di Narita airport, gate dengan bangunan utama airport memang terpisah. Untuk menuju ke gate, kita harus naik trem otomatis. Dan Ken-chan seneng banget naik trem ini... soalnya bisa liat pesawat-pesawat lagi diparkir.

naik trem menuju gate

Trus-trus....... waktu di depan gate, kita liat ada beberapa orang Indonesia lagi duduk diawasin ketat banget sama beberapa polisi Jepang yang bertampang jutek. Kaki dan tangannya mereka diborgol. Kata Papa-nya Ken-chan, itu pasti imigran-imigran gelap yang dideportasi. Ckckckck.... nakal yaaaaaaaaa!!!!


Terbaaaaang.......

Pesawat GA 881 tujuan Denpasar yang kita tumpangin ternyata take-offnya rada telat. Kayaknya sih ngantre landasan... soalnya pagi itu banyak pesawat yang mau take off dalam waktu hampir bersamaan. Yang asyik, ternyata pesawatnya kosyooooong..... Jadi Papa-nya Ken-chan langsung deh pindah ke dereta kosong, ngambil 4 bangku buat dia sendiri, trus zzzzzzzzzzz............... Kalo Ken-chan sendiri, seperti biasa, begitu pesawat take off langsung nyusu dan nyambung tidur lagi dengan pulesnya. Mama-nya Ken-chan ngapain? Ya tidur juga doooong!!!

Kayaknya kita tidurnya pules banget deh.... campuran antara capek dan lega. Capek karena semalem begadang bersih-bersih, ditambah pontang-panting ngejar kereta. Lega karena semua urusan udah selesai dan beres. Kita baru kebangun waktu dicolek-colek sama pramugarinya buat lunch. Papa sama Mama makan siang pake ikan,... kalo Ken-chan makan pake baby food Sukiyaki, minum jus jeruk, minum susu kotak dan yogurt. Duh... banyak amat!!!

Selesai makan, si Ken-chan jadi pengen main-main. Tapi emang ini anak pengertian banget deh.. Dia tau kalo ini lagi di pesawat, gak boleh lari-lari dan gak boleh berisik. Jadi dia asik main-main tapi tetep duduk di kursinya. Bisa? Bisa doooooooong.......!!!!! Dia asik liat-liat buku, mainan gelas, ngemil crackers, ngemil jelly konyaku dan becanda-becanda sama Papa-Mamanya.




main-main dan cengar-cengir di pesawat


Abis capek main-main... mulai deh nyungsrek-nyungsrek lagi minta nyusu. Trus gak lama sesudahnya, Ken-chan bobo lagi.... bablas terus sampe akhirnya pesawat kita mendarat di Denpasar. Horeeeeeee............ sampe di Bali deh Ken........!!!


From Bali to Jakarta


Gak banyak yang bisa diceritain selama kita transit di bandara Ngurah Rai. Tadinya kita kepengen ketemuan juga sama Tante Boky dan Om Ndit, tapi percuma juga... abis gak bisa keluar airport. Akhirnya kita cuman bisa berkeliaran di dalam airport aja. Sementara si Ken-chan sengaja dibebaskan dari stroller, kan kasian dia dari tadi duduk melulu. Wuaaah.. senangnya dia bisa lari-lari kesana-kemari...

Tepat sesuai jadwal, pesawat kita -GA 415 tujuan Jakarta- berangkat. Asiiik... gak ngaret! Tapi pesawatnya penuuuuh.... dan kita gak bisa request tempat duduk. Terpaksa deh duduknya di kursi default-nya 'travelling with infants'. Hmmm gak papa deh, toh perjalanan pendek ini.

Sepanjang perjalanan menuju Jakarta, si Ken-chan gak bobo. Kayaknya batere-nya udah full di-charge, jadi matanya bulet terus. Dia sibuk mainan rubber ducky hadiah dari Garuda, sama makan malem plus ngemil. Perjalanannya sendiri Alhamdulillah lancar... cuacanya bagus. Tepat jam 6.15 sore sesuai jadwal, pesawat kita mendarat di Cengkareng.

lagi nungguin baggage claim di Cengkareng


Akhirnyaaaaaaa............. kita pulang lagi Ken-chan! Kita di Jakarta lagi! Kita akan mulai hidup disini. We're home at last, and yes, surely we will have lots of great time in here :)



3 comments:

Linda said...

welcome home Ken-chan! lucunya anaknya mbak...... gantenk deh!

Anonymous said...

Gila airportnya keren abiezzzzzzz.....

Werdhi said...

Salam kenal mbak :)
Resep supaya anaknya bisa tenang di pesawat gimana ya mbak? Bagi-bagi dong resepnya. Lebaran ini mau mudik bawa anak, kalau rewel gimana ya caranya?